apakah ada kaitan antara VICO dengan VSIC dalam pembelian cessie BPPN




Pembelian cessie BPPN oleh Victoria Securities International Corporation (VSIC)


Kasus ini bermula ketika PT Adyaesta Ciptatama (PT AC) meminjam kredit ke BBTN untuk membangun perumahan di kerawang seluas 1.200 Ha. BBTN kemudian mengucurkan kredit sebesar 465 M dengan jaminan sertifikat tanah seluas 1.200 Ha tersebut.



Ketika krisis moneter terjadi, BBTN menjadi salah satu bank yang termasuk dalam program penyehatan BPPN, yang selanjutnya melelelang aset PT AC yang berupa tanah seluas 1.200 Ha karena pada waktu itu PT AC tidak mampu membayar hutangnya kepada BBTN.



Lelang kemudian dimenangkan oleh PT First Capital (PT FC) dengan nilai 69 M, tapi kemudian dibatalkan sendiri oleh PT FC dengan alasan dokumen atas aset tidak lengkap.



Kemudian BPPN kembali melakukan lelang dan dimenangkan oleh PT Victoria Securities International Corporation (VSIC) dengan harga 26M.



Saat PT AC mencoba menawar pelunasan dengan harga 266 M, VSIC menaikan harga menjadi 1,9 T. PT AC kembali melakukan penawaran sebesar 300 M tapi VSIC kembali menaikan harga menjadi 2,1T.



Apa hubungannya dengan PT Victoria Investama Tbk ?


PT victoria securitas indonesia (VSI) didirikan dengan akta no 60 tahun 2011 dihadapan notaris Suwarni Sukiman,SH.


PT VSI adalah anak dari PT Victoria securitas (VS) berdasarkan akta no 60 tanggal 11 maret 2011 dihadapan notaris Suwarni Sukiman, SH. Dimana PT VSI 99,99% dipegang oleh PT VS dan 0,01% dipegang oleh Suzana T.



PT VS kemudian berganti nama menjadi PT Victoria Investama (VI) berdasarkan akta no 51 tanggal 19 Juni 2012 dihadapan notaris Fathiah Helmi, SH.



PT VI kemudian berganti nama lagi menjadi PT Victoria Investama Tbk (VICO) berdasarkan akta notaris no 116 tanggal 27 maret 2013 dengan anak usahanya PT Victoria securita indonesia (VSI).



PT VSI adalah koresponden dan pengendali PT Victoria Securities international corporation (VSIC) dalam pembelian cessie BPPN.



Tulisan ini disadur dari berbagai tulisan di media ya. Kalau ada kekurangan penulis minta maaf. Dan kalau mau comment dipersilakan di bawah.








No comments: